HUT PPNI KE 45, SEHAT BERSAMA PERAWAT


DPK PPNI RSJ Grhasia menyelenggarakan kegiatan pendidikan kesehatan dan senam dalam rangka menyemarakkan HUT PPNI ke 45. Kegiatan dilaksanakan pada tanggal 15 April 2019. Tema HUT PPNI tahun ini adalah Keluarga dan Masyarakat Sehat Bersama Perawat.



Pendidikan kesehatan tentang halusinasi dengan sasaran pasien dan keluarga dilakukan oleh Ika Ratih di ruang tunggu rawat jalan. Halusinasi merupakan salah satu tanda gejala gangguan jiwa berat. Halusinasi adalah sensasi palsu  pada panca indra (pengdengaran, penglihatan, perasa, penciuman, dan peraba) tanpa adanya stimulus. Ika menjelaskan dalam menghadapi pasien seperti itu, keluarga bisa membantu pasien untuk mencegah munculnya halusinasi. Caranya dengan memberikan kegiatan dan memberikan kesibukan kepada pasien.



“Cara untuk mencegah halusinasi kembali datang dengan menambah kesibukkan pasien untuk mengalihkan perhatian dari halusinasi ke stimulus yang nyata.” “Pasien diajarkan kemampuan,  harus menyibukkan diri. Keluarganya juga harus mendukung supaya perhatiannya teralihkan,” jelasnya.



Pendidikan kesehatan tentang cuci tangan dilakukan kepada pasien rawat inap. Pendidikan kesehatan tentang cuci tangan ini disampaikan oleh Parjiyanto dan Sadarwati. Selain pendidikan kesehatan, PPNI RSJ Grhasia juga menyelenggarakan senam bersama antara perawat dengan pasien rawat inap.



Komentar