BAKTI SOSIAL PPNI RSJ GRHASIA DI CANDISARI KECAMATAN NGAGLIK





Dewan Pimpinan Komisariat Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) RSJ Grhasia Yogyakarta menyelenggarakan kegiatan pengabdian masyarakat berupa Bakti Sosial pada hari Minggu, 14 Oktober 2018, bertempat di Posbindu Candihusada Dusun Candisari Desa Sardonoharjo Kecamatan Ngaglik Kabupaten Sleman Daerah Istimewa Yogyakarta,  Kegiatan tersebut merupakan bakti sosial ketiga yang diselenggarakan oleh PPNI RSJ Grhasia periode 2017-2022.

Ketua DPK PPNI RSJ Grhasia Wahyu Indriono. menjelaskan bahwa DPK PPNI RSJ Grhasia berencana akan melakukan kegiatan Bakti Sosial sebanyak lima kali selama periode kepengurusannya. “Ini merupakan bakti sosial ketiga, yang pertama di Minomartani Ngaglik yang kedua di Argomulyo Cangkringan dan ini yang ketiga di Candisari Ngaglik. Rencananya Kami akan melaksanakannya minimal lima kali dalam satu perode kepengurusan agar seluruh perawat di PPNI RSJ Grhasia dapat berpartisispasi dalam kegiatan seperti ini,” kata Wahyu dalam sambutannya.

Pimpinan Posbindu Candihusada drh. Idi Setyobroto dalam sambutannya mengungkapkan bahwa dirinya dan masyarakat Candisari sangat senang dan bersyukur atas diselenggarakannya kegiatan bakti sosial karena manfaatnya sangat terasa bagi warga, dan jika ada kegiatan serupa pihaknya siap untuk diajak kerjasama lagi.

Kegiatan bakti sosial diawali dengan kegiatan senam dengan instruktur Usi Tety Wulan yang merupakan perawat dari PSTW Abiyoso kemudian dilanjutkan sambutan oleh ketua panitia M. Taufik. “Kegiatan bakti sosial ini dilaksanakan sebagai wujud pengabdian perawat kepada masyarakat, hal ini juga dilakukan sebagai bentuk kepekaan terhadap perubahan paradigma pembangunan kesehatan yang melihat masyarakat bukan lagi sebagai objek pembangunan tetapi menjadikan masyarakat sebagai subjek atau pelaku pembangunan kesehatan itu sendiri, artinya masyarakat diharapkan semakin berperan aktif dalam upaya pembangunan kesehatan.” Ujar Taufik.
Foto : M. Taufik saat sambutan.

Bakti sosial dilanjutkan dengan pemeriksaan kesehatan gratis berupa pemeriksaan tekanan darah, gula darah, asam urat, dan berat badan, serta konsultasi kesehatan. Selain pemeriksaan kesehatan PPNI RSJ Grhasia juga memberikan pendidikan kesehatan mengenai deteksi dini gangguan jiwa bagi masyarakat yang disampaikan oleh Aspi Kristiati.


Foto : Pemeriksaan gula darah

Foto : Pemeriksaan tekanan darah

Foto : Aspi Kristiati saat pendidikan kesehatan

Kegiatan ini melibatkan 20 perawat dari DPK PPNI RSJ Grhasia dan masyarakat yang berpartisipasi berjumlah 78 orang dengan rentang usia yang bervariasi dari remaja sampai lansia. Selama bakti sosial warga dan perawat PPNI RSJ Grhasia mengikuti kegiatan dengan antusias dalam suasana penuh keakraban dan diselingi canda tawa namun tanpa meninggalkan substansi-substansi kegiatan. Kegiatan ditutup dengan pembagian door prize.

Komentar