KEMERIAHAN KEMERDEKAAN RI KE 73 DI RSJ GRHASIA



Jum’at, 17 Agustus 2018 kemarin pasien di Wisma Nakula RSJ Grhasia terlihat lebih semangat dari hari biasanya. Ternyata semarak menyambut HUT RI ke-73 tidak saja dirasakan oleh masyarakat umum, akan tetapi juga dirasakan oleh saudara-saudara kita yang menderita gangguan jiwa atau biasa disebut orang dengan gangguan jiwa (ODGJ). Perawat Wisma Nakula memfasilitasi pasiennya untuk merasakan atmosfer kebahagiaan dan kemerdekaan dengan lomba-lomba khas perayaan peringatan kemerdekaan Republik Indonesia bertajuk Nakula Cup 2018.

Faozin Kepala Wisma Nakula menjelaskan bahwa Nakula Cup 2018 ini selain untuk memberikan kesempatan bagi ODGJ agar dapat merasakan kemeriahan hari ulang tahun Republik Indonesia juga sebagai bagian dari terapi yang berbasis kelompok, terutama bagi ODGJ dengan isolasi sosial : menarik diri. “ODGJ dengan masalah isolasi sosial : menarik diri yang biasanya menyendiri, sulit mengekspresikan perasaan, dan kesulitan berinteraksi akan terstimulus oleh suasana meriah yang muncul saat pertandingan”, lanjutnya.





Cabang olahraga yang dipertandingkan adalah makan kerupuk, joget balon, dan paku botol. Semua pasien terlihat sangat ekspresif dalam menunjukkan kebahagiaan dan kemerdekaannya, raut muka sedih, murung, dan kebiasaan menyendiri lebur menjadi kemeriahan dalam kebersamaan. “Senang sekali ada lomba seperti ini, dan saya bersyukur bisa ikut memeriahkan kemerdekaan RI meskipun di rumah sakit. Saya juga bisa berkumpul dengan teman-teman”. Ungkap seorang pasien usai menerima hadiah.




Komentar