PPNI GRHASIA SAMBUT HUT PPNI KE – 44 DENGAN PENYULUHAN DAN SENAM




Menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-44 Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) yang jatuh pada 17 Maret hari ini, Jum’at 16 Maret 2018 kemarin, DPK PPNI RSJ Grhasia melaksanakan rangkaian kegiatan berupa penyuluhan Gerakan masyarakat sehat (GERMAS) pada keluarga pasien di klinik rawat jalan, senam kesegaran jasmani di Wisma Gatotkaca dan senam otak di Wisma Arjuna.

Kegiatan dimulai dengan penyuluhan GERMAS pada keluarga pasien. GERMAS merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat. GERMAS dapat dilakukan dengan cara: Melakukan aktifitas fisik, Mengonsumsi sayur dan buah, Tidak merokok, Tidak mengonsumsi alkohol, Memeriksa kesehatan secara rutin, Membersihkan lingkungan, dan Menggunakan jamban. Penyuluhan Germas yang dilakukan di klinik rawat jalan RSJ Grhasia ini disampaikan langsung oleh ketua DPK PPNI Grhasia Wahyu Indriyono bersama Prastiwi PR. Dengan gaya khasnya yang humoris dan flamboyan, Wahyu dan Prastiwi mampu menarik perhatian audien yang merupakan keluarga pasien sehingga penyuluhan berjalan sangat dinamis dan partisipatif sejak awal hingga selesai.


Kegiatan selanjutnya dilaksanakan di Wisma Gatotkaca dengan mengajak pasien melakukan senam kesegaran jasmani (SKJ). SKJ ini memang rutin dilakukan pasien setiap pagi, namun kali ini SKJ juga diikuti oleh perawat dan pengurus PPNI. Instruktur kegiatan senam ini adalah Pertinah, yang merupakan perawat Wisma Gatotkaca. Kegiatan terakhir yang dilakukan adalah senam otak dengan peserta pasien di Wisma Arjuna yang dipimpin oleh Heri Susanto perawat senior di Wisma Arjuna dan difasilitasi Lisa Dwi Astuti.




 


Rangkaian kegiatan tersebut dilaksanakan berdasarkan instruksi dari DPP PPNI kepada anggota dan pengurus, untuk menyelenggarakan gerakan pengabdian masyarakat jelang Hari Ulang Tahun PPNI ke - 44 Tahun secara  menyeluruh dan serentak mulai pukul 08.00 hingga 12.00 wib. Adapun tema dari peringatan HUT- PPNI ke 44 ini adalah, " Gerakan Perawat Dalam Mendukung Praktik Keperawatan Mandiri" yang mana ditujukan sebagai penyemangat bagi seluruh anggota untuk bisa mempraktikkan ilmu Keperawatan secara mandiri di tengah-tengah masyarakat.

Komentar